Cara Pasang LNB yang benar

Sobat Pasang Kabel yang terhormat, berikut saya coba menulis mengenai cara pasang LNB yang benar  sesuai pengalaman saya. Pertama yang harus anda perhatikan dalam memasang LNB adalah letak LNB atau posisi LNB pada titik fokus pada dish parabola anda. Memposisikan LNB pada titik fokus bisa sangat  sulit namun juga bisa sangat mudah untuk dilakukan. Sulitnya adalah setelah LNB  terpasang hasilnya tidak dapat menerima sinyal satelit dengan baik atau tidak ada sama sekali sinyal yang masuk.

Tidak ada salahnya berusaha sendiri jangan khawatir jika gagal memasang LNB, karena sebenarnya banyak faktor penyebab kegagalan memasang LNB tersebut, oleh karena itu anda juga harus mendapatkan informasi lainnya dalam blog ini.

LNB sendiri berfungsi sebagai alat penerima sinyal dari satelit, dalam penerimaannya LNB tentu dibantu oleh dish parabola yang berfungsi sebagai reflektor atau penampung sinyal masuk. Sinyal yang dipantulkan dari dish parabola terfokus atau terkumpul di satu titik dimana LNB berada (lihat gambar dibawah ini).

image

untuk memasang LNB pada titik pusat (fokus) gunakan Bracket LNB, bracket ini nantinya dipasang penyangga agar berada di tengah atau di posisi titik fokus. Pada LNB terdapat petunjuk arah pemasangan yang ditandai dan terlihat pada bagian atas LNB.

image

pada bagian atas LNB tertera petunjuk sudut untuk mengarahkan LNB yaitu titik 0 adalah untuk arah timur atau barat. Pada bagian bawah LNB tertera petunjuk untuk ukuran kedalaman pemasangan LNB pada Bracket, ini berguna untuk menyesuaikan titik fokus pantulan dari Dish antena parabola. Kedalaman dapat anda atur disesuaikan dengan besarnya sinyal masuk.

image

Posisi Pemasangan LNB Cband
Namun untuk LNBF Ku Band penjelasan diatas tidak berlaku khususnya untuk arah Barat-Timurnya, dan posisi yang tepatnya adalah dengan mengarahkan konektor kabel nya ke arah Utara.

image

Posisi Pemasangan LNB Ku Band

Yang terakhir adalah memasang kabel coax, kabel coax ini harus diperhatikan dalam pemasangannya terutama dalam memasang konektor untuk dipasang ke LNB atau yang ke Receiver, pastikan dalam memasang konektor ke kabel coax tidak terjadi hubungan antara serabut kabel dengan kabel inti atau kabel inti bersentuhan dengan badan konekornya.

image

Demikian cara pasang LNB yang benar, semoga artikel ini dapat membantu.

Sumber : bloger

Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s