Berinternetan menggunakan Blackberry tanpa harus berlangganan layanan Blackberry

Blackberry hadir dengan segudang fitur dan fungsi yang menunjang kegiatan bisnis, terutama dengan fitur Push Email dan Blackberry Messenger-nya.

Jika anda membeli Blackberry yang memang harganya mahal anda juga harus membayar lebih untuk berlangganan paket Blackberry Internet Services ke operator yang lumayan menguras kantong, minimal Rp. 5.000 (XL) per hari atau kalau pas promo bisa Rp 30.000 per 7 hari (IM3).

Mitos yang berkembang di kalangan pengguna seluler kalau kita tidak berlangganan maka Blackberry yang kita beli dengan harga mahal cuma menjadi handphone biasa plus PDA yang tidak bisa dipakai untuk mengecek emai, instant messenger dan internet.

Saya mempunya Blackberry Bold dan mencoba mengaktifkan koneksi internet tanpa berlangganan data plan Blackberry ke operator. Dalam hal ini kartu yang saya pergunakan adalah IM3 pra bayar yang biaya akses internetnya sangat murah cukup Rp 1 per kb. Caranya dengan melakukan seting APN di menu ==> Option ==> Advanced Option ==> TCP/IP , Contreng pada APN Setting Enabled kemudian isi APN nya dengan indosatgprs username dan password kosong setingan untuk berlaku untuk IM3, Mentari dan Matrix, kemudian pilih menu – Save.

Nah sekarang Blackberry anda bisa terhubung ke internet tanpa berlangganan Layanan Blackberry.
Saya juga mencoba dengan kartu AXIS yang dapat diperoleh gratis kalau berbelanja minimal Rp. 25.000 di Alfamart. seting APN untuk AXIS adalah APN : axis tanpa user name dan password. Jadi walaupun AXIS belum mengeluarkan paket Blackberry hingga bulan Juni ini tetapi saya sudah bisa ber Blackberry dengan kartu AXIS gratisan.
Untuk browsing saya menggunakan Opera mini browser, sedangkan untuk ber messenger saya mempergunakan Nimbuz yang bisa dipakai untuk YM, GTALK, facebook, twitter bahkan Skype. Untuk Push email saya menggunakan Morange.
Cara lain untuk terhubung ke Internet adalah menggunakan fasilitas WIFI, jika Blackberry anda dilengkapi dengan konektifitas WIFI.

Tentusaja Blackberry tanpa mendaftar ke layanan Blackberry di operator masih banci karena tidak bisa ber BBM (Blackberry Messenger) dan PUSH Mail.

Berikut beberapa informasi seting APN untuk beberapa operator GSM di Indonesia:
Telkomsel
APN : Telkomsel
User name : wap
Password : wap123
XL
APN: http://www.xlgprs.net
Username: xlgprs
3 (THREE)
APN : 3-GPRS
AXIS
APN : AXI
Matrix, IM3 dan Mentari
APN : indosatgprs

Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s