Microsoft: Hati-hati Mengunduh Software Baru

TRIBUNNEWS.COM – Raja software dunia, Microsoft, mengeluarkan peringatan. Katanya, jika sebuah situs memerintahkan mengunduh sebuah piranti lunak baru untuk menonton film atau menyelesaikan sebuah masalah, pikirkan dua kali. Kemungkinan piranti lunak baru itu sebuah program yang didesain mengintai keamanan komputer atau malicious.

Seperti diberitakan PC World, Rabu (18/5/2011), Microsoft menyebutkan setiap 14 program yang diunduh pengguna Windows selalu menjadi virus. Meski Microsoft mengakui jika sebuah fitur di browser Internet Explorer sudah didesain sedemikian rupa demi menghindari serangan potensial yang merugikan pengguna Windows, namun sekitar lima persen user tidak mempedulikannya.

Ujung-ujungnya, program itu ternyaata adalah virus Trojan. “Para penyerang ini sudah tahu dan tak susah menyuruh user mengunggah Trojan,” kata Alex Stamos, pendiri perusahaan konsultan keamanan,Isec Partners, dan sering bertugas membersihkan serangan di sebuah perusahaan jika terjadi hal membahayakan seperti itu.

Virus juga menyebar dengan cepat di sejumlah situs pertemanan sosial. Sebagai contoh virus Koobface menyebar dengan cepat di Facebook. Saat meng-klik sebuah video kiriman teman mereka diminta mengunduh sebuah program dan ternyata ini adalah program pengintai. Yang terbaru adalah foto palsu Osama bin Laden yang menyebar dengan cepat di Facebook dan ternyata adalah virus.

Pos ini dipublikasikan di Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s