Windows 7 Style Theme Pada Windows XP

Semua dari kita pasti sudah mengetahuinya, kalau setiap operating system baru dari microsoft akan mengalami banyak perubahan baik tampilan, kecepatan, kestabilan, keamanan dan fitur lainnya. Begitu juga dengan Windows 7, telah mengalami banyak perubahan dari sistem operasi sebelumnya. Perubahan yang paling menonjol ada pada sisi tampilan luar yang lebih interaktif dari sebelumnya.

Jika anda ingin menikmati tampilan dari Windows 7, anda harus membeli OS Windows 7 dari Microsoft yang tentunya sekaligus menyiapkan budget tambahan guna membeli hardware baru karena Windows 7 mensyaratkan spesifikasi hardware yang lebih tinggi dari Windows XP. Bukan pilihan yang menarik jika anda membeli OS Windows 7 hanya sekedar untuk coba-coba tanpa pertimbangan yang lain.

Bagi yang tidak ada rencana upgrade ke Windows 7 tetapi tetap ingin merasakan tampilan theme dari Windows 7, anda bisa mencoba step-by-step cara merubah tampilan Windows XP seperti Windows 7.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Buat sebuah folder di PC atau Notebook Windows XP anda dan beri nama Windows 7 Theme (Hal ini tidak wajib, tetapi akan mempermudah anda mengikuti langkah-langkah mengaplikasikan Windows 7 Theme pada Windows XP anda).
    Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image
  • Download theme Windows Se7en with Superbar for XP dan letakkan d folder yang telah anda buat (File dengan ukuran sekitar 13 MB).
  • Download aplikasi Uxtheme Multi-patcher (Saat melakukan test, kami menggunakan Uxtheme Multi-patcher versi 7.1 dengan ukuran kurang dari 400 kb).
  • Download Styler Toolbar dari website CrystalXP (Kami menggunakan versi 1.401 dengan kapasitas file kurang dari 800 kb).
  • Download ViGlance OneStep dan simpan di folder yang telah anda buat.
  • Ekstrak ketiga file yang telah anda download dengan menggunakan aplikasi ekstraktor kesukaan anda (WinZip, Winrar, 7Zip atau yang lain).
    Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image
  • Install aplikasi Uxtheme Multi-patcher dan restart windows XP anda.
    Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image
  • Buka folder Visual Styles pada folder Windows Se7en with Superbar for XP dan copy folder Windows Se7en beserta isinya ke folder C:\Windows\Resources\Themes
    Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image
  • Sekarang, coba aktifkan theme yang telah anda copy tadi dengan cara memilihnya melalui desktop. Klik kanan pada desktop, pilih Properties, lanjutkan dengan klik tab Appearance.
    Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image
  • Pada bagian Windows & buttons, pilih Windows Se7en.
  • Klik Apply untuk mengkatifkannya.

Catatan :

Anda juga dapat mengaktifkan theme Windows 7 dengan cara klik dua kali file Windows Se7en (theme file) pada folder Windows Se7en with Superbar for XP\Visual Styles tanpa harus membuka jendela Display Properties.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image

Sekarang, tampilan theme dari Windows XP anda sudah seperti Windows 7. Anda bisa menyempurnakannya dengan melakukan 2 hal. Pertama, aktifkan ViGlance OneStep dengan cara klik dua kali file ViGlance OneStep hasil ekstrak dan tunggu beberapa saat sampai pop-up selesai.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image

Lihat perbedaanya, anda dapat melihat adanya thumbnail preview yang biasanya aktif di Windows 7 sekarang bisa anda gunakan di Windows XP.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP ImageLanjut dengan penyempurnaan tampilan theme, install Styler Toolbar dari file yang telah anda ekstrak tadi.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image

Setelah selesai, copy folder beserta isinya ke folder C:\Program Files\Styler\TB\skins\Styler’s.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image

Jalankan aplikasi Styler Toolbar. Klik kanan pada taskbar dan pilih show.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image

Klil tab Toolbar dan pilih Windows Se7en Toolbar. Tutup program dan anda akan melihat tampilan toolbar anda akan berubah seperti pada Windows 7.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image

Bonus :

Pada saat anda membuka folder Windows Se7en with Superbar for XP, di dalamnya terdapat folder Wallpapers yang berisi beberapa wallpaper seperti yang ada pada Windows 7 asli. Anda dapat menggunakannya menjadi background default di perangkat komputer anda.

Windows 7 Style Theme Pada Windows XP Image

Kesimpulan :

Dengan sedikit trik, anda bisa merubah tampilan theme Windows XP mirip dengan Windows 7. Meskipun tidak sesempurna Windows 7 asli, anda bisa mencoba menikmati theme Windows 7 yang memang lebih menarik dari Windows XP maupun Vista tanpa harus membeli operating system Windows 7.

Pos ini dipublikasikan di Tutorial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s